Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Syahadat Sunda wiwitan Buhun

Sahadat buhun atawa sadat buhun nyaéta istilah pikeun nyebut kalimah sakral anu diyakinan minangka bagian tina tartib hirup budaya Sunda wiwitan. Tapi aya ogé anu nyebutna minangka sahadat Baduy, lantaran sahadat ini réa dipaké ku urang Baduy nu ngagem ajaran Sunda wiwitan.

Sahadat-Sunda-wiwitan

Para Sastrawan Sunda menggolongkan Sahadat ini kedalam kelompok Ajimantra atau puisi mantra, yang berasal dari dua daerah, yakni Ajimantra Baduy Banten dan Ajimantra Priangan.

Pengertian Sahadat Buhun berbeda dengan maksud Sahadat (Syahadat) yang dimaksud dalam agama Islam. Didalam kamus bahasa Indonesia Sahadat (Syahadat) berarti pengakuan kesaksian pengakuan atau kesaksian iman-islam sebagai rukun yang pertama.

Didalam Wikipedia edisi Bahasa Sunda disebutkan, bahwa Sahadat mangrupakeun pernyataan kayakinan Islam. Dina basa Arab, hartina nyaksénan atawa méré kasaksian.

Sahadat mangrupakeun pernyataan kapercayaan kana tunggalna Gusti (Allah dina basa Arab) sartayén Nabi Muhammad minangka utusan pangahirna. Perbedaan antara Sahadat di dalam agama Islam dengan Sahadat Buhun diakui pula oleh penganut agama Sunda Wiwitan. Seperti keterangan Ayah Mursid, okoh masyarakat Cibeo :

Sahadat menurut ajaran Sunda Wiwitan diartikan sebagai rangkaian kalimat berisi do’a-do’a atau jampe-jampe yang disampaikan kepada Sang Pencipta Alam sesuai dengan kebutuhan, kegiatan atau masalah yang dihadapi, dan diucapkan tidak sembarangan ada kramanya”.

Dari pendifinisian yang diberikan Ayah Mursid diatas, tentunya memiliki konsekwensi, bahwa jampe-jampe yang memenuhi syarat sebagaimana sahadat dapat dikatagorikan sebagai sahadat dalam pengertian Jampe, bukan dalam pemahaman sahadat dalam pengertian islam.

Demikian pula dari syariatnya, menurut Ayah Mursid, bahwa : Dalam keyakinan Sunda Wiwitan kami tidak kebagian perintah shalat seperti saudara-saudara sebab Wiwitan Adam tugasnya memelihara keseimbangan alam, tidak memiliki kitab suci karena ajarannya bersatu dengan alam, maka agama Sunda Wiwitan hanya diperuntukan bagi masyarakat Baduy”.

Krama dari pengucapan sahadat dimaksud dilakukan sesuai waktu dan kegunaannya. Misalnya jika hendak menanam Padi, agar terhindar dari hama dan dapat menghasilkan padi yang lebih baik, maka mereka membacakan sahadat Sri.

Karena yang diyakini menjaga dan mengurus pertanian adalah Dewi Sri, maka mereka menitipkan kepada Dewi Sri. Sedangkan untuk perkawinan membacakan sahadat khusus untuk perkawinan.

Istilah dalam Sahadat Mencari naskah atau keterangan asli tentang Sahadat diatas dari sumber asli Baduy atau para penganut Sunda Wiwitan lainnya agak sulit ditemukan, bahkan menurut Ekajat (2005),: “Kesulitan menemukan keterangan tentang Sunda Wiwitan akibat tertutupnya para penganut agama dimaksud.

Namun menurut alasan dari Ayah Mursid,: “harus tepat penggunaannya dan diucapkan tidak sembarangan, karena ada kramanya”. Sangat masuk akal jika krama penggunaan sahadat ini ngawengku pengetahuan orang luar untuk mengetahui sahadat ini.

Dalam kenyataannya banyak teks-teks sahadat dengan judul yang sama digunakan oleh masyarakat Baduy, namun berbeda dengan teks yang digunakan Urang Baduy.

Perbedaan bahasa didalam sahadat ini sudah banyak diulas oleh para sastrawan Sunda, seperti Wahyu Wibisana (2000) bahkanmengkategorikan sahadat kedalam dua wilayah, sesuai dengan asalnya, yakni ajimantra Baduy dan Banten, serta ajimantra Priangan.

Ajimantra ti Baduy

Ajimantra dari daerah Baduy dan Banten, sebagai berikut :

"Pohaci Sanghiyang Asri,
Ulah gederulah reuwas,
Ja kami rek nitipkan,
Titip ka nu boga bumi,
Tema ka nu boga desa"
Artinya:
"Pohaci Sanghiyang Asri
Jangan kaget, kami hendak menitipkan
titip kepada pemilik bumi
juga kepada yang mpunya desa"

Sedangkan contoh dari daerah Priangan, sebagai berikut :

"Asyhadu syahadat Sunda,
zaman alloh ngan sorangan.
Kaduana Gusti Rasul,
katilu Nabi Muhammad, Kaopat umat Muhammad"
Nu cicing di bumi angaricing.
Nu Calik dina alam keueung.
Ngacacang di alam mokaha.
Salamet umat Muhammad.
Artinya:
"Asyhadu Syahadat Sunda,
Zaman allah hanya satu.
Keduanya para Rasul.
Ketiga Nabi Muhammad.
Keempat umat Muhammad.
Yang tinggal di Bumi yang ramai.
Yang duduk di alam takut.
Menjelajah alam nafsu.
Selamat umat Muhammad"

Sahadat Baduy

Sahadat dari daerah Baduy yang pokok tidak kurang dari 20. Sahadat-sahadat dimaksud, antara lain sebagai berikut :

Sahadat Pernikahan (Shadat Wiwitan, Sahadat Tunggal, Sahadat Samping, Sahadat Batin, Sahadat Kangjeng Nabi Muhammad) ;
Sahadat Bawa ;
Sahadat Sunda ;
Sahadat Iman ;
Sahadat Bali ;
Sahadat mesir ;
Sahadat Banten ;
Sahadat Santen ;
Sahadat Sri ;
Sahadat Imam Mahdi ;
Shadat Umur ;
Sahadat Rahayu ;
Sahadat Rasa ;
Sahadat Pamuka alam ;
Sahadat Suson ;
Sahadat Bumi Alam.

Sebagai mana uraian diatas, penggunaan sahadat Baduy disesuaikan dengan maksud dan keperluannya. Dalam upacara perkawinan, pembacaan sahadat dibacakan oleh Puun dari kedua belah pihak sejak acara seserahan atau seserenan. Jenis sahadat yang digunakan adalah :

Sahadat Sunda Wiwitan ;
Sahadat Tunggal ; Sahadat Samping ; Sahadat Batin dan sebagai pelengkap dibacakan pula Sahadat Kangjeng Nabi Muhammad. Perkawinan untuk masyarakat Baduy tidak ada perceraian. Dalam istilah sekarang cerai karena mati.

Salah satu cara untuk memperkuat keyakinan tersebut, serta upaya agar perkawinan langgeng maka dibacakan Sahadat Bathin. Selain sahadat dari Masyarakat Baduy, diPriangan terdapat juga beberapa jenis, antara lain sebagai berikut :

Sahadat Islam ;
Sahadat Sunda ;
Sahadat jawa ;
Sahadat Bawa ;
Sahadat Taraju ;
Sahadat Sayang ;
Sahadat Sari ;
Sahadat Adam ;
Sahadat Barjah ;
Sahadat Hayun ;
Sahadat Siluman ;
Sahadat Mustakarayun ;
Sahadat Ganda.
Sahadat Islam

Sadat islam aya dua,/ Ngislamkeun badan kalawan nyawa, Dat hurip tanggal iman, Ngimankeunbadan saku- jur, Hudang subuh banyu wulu/ Parentah kangjeng Gusti, Nabi Adam pang nyampurnakeun badan awaking. Sir suci, Sir Adam, Sir Muhammad,Muhammad Jakalalana Nu aya di saluhuring alam.

(Sadat Islam ada dua mengislamkan badan serta nyawa. Dat hurip tanggal iman mengimankan seluruh tubuh,/ bangun subuh dan berwudlu. Perintah dari Tuhan, Nabi Adam sempurnakanlah badan ku Sir Suci, Sir Adam, Sir Muhammad, Muhammad Jaka lalana, Yang berada diatas alam).

Sahadat Jawa

Apa pengot surat Raden Angga Keling
Pangeran Angga Warulang
Ratu suluk ajitullah
Pengersa saNusa Jawa
Puputrane Ulis Akin
Kajayak ngarurug Pajajaran
Tanggal ping opat welas
Nukila dikalimati sahadati/Isun weruh
umat Allah dikang Selamat.

Sahadat SUNDA

Ashadu sahadat sunda
sahadat kaula ngan sahiji
raden santri kuncung putih
nu calik di cirebon girang
nu rebo tanpa wekasan
hurip gusti,waras abdi/(.......)
hurip teu keuna ku gingsir
waras teu keuna ku owah
hurip ku kersaning allah ta'ala
Laa ilaha ilalloh Muhammadurrosululloh

Sahadat IMAN

Ashadu iman tuhu
sahadat iman nuradan
iman ngadeg satuhune
qori Allah korsi Allah
korsi nabi rosululloh
laa ilaha ilalloh Muhammadurrosululloh

Sahadat SEJATINING DIRI
Ashadu dzat gusti dzat abdi,rasa gusti rasa abdi
jumeneng gusti jumeneng abdi,dzat sejatining manusa
kawasa sa alam dunya,tunduk takluk sakabeh mahluk
tunduk tanak kersa ku kawasa Alloh
hirup langgeng di dunya ,hirup langgeng di akherat
kun sejatining manusa ruh kaula jasad, jasad kaula dunya ,
ruh kaula akherat
laa ilaha ilalloh muhammadurrosululloh

SAHADAT BANTEN
Ashadu sahadat banten sahadat pancerning iman
iman minal massikil ilal magribi
gusti sinuhun sultan ratu bagus ning manusa
papancerning giri pancerning hurip
sareng gusti bagus jung jungan iman tunggal
sahadat iman tauhid ma’ripat islam
gusti sinuhun pasti ratu magelung
maulana maulana magribi hasanudin waliyullah.

---Sahadat Sunda---
anu aya dina buku Kasumedangan Darmaraja
==================================

Bismillah hirahman nirahiim,....
Alloh subhana wata'alla teu aya dua.
Pangeran tetep pangeran.
Pangeran Ratu Sajagat Ingsun,
la illahailalloh, anu hirup teu kena ku pati, teu kena ku lara.
Tih di bumi Kudratullooh,
Hirup Langgeng Salawasna,
Mijangker Sahadat,
Mitangkel Iman,
Mikalif Taohid,
Midaun Hurip,
Mipuhu Rasa,
Buana Agung Pancer pangawasa, manusa pasti.
kang leuwih jumeneng, sadaya isun umat Sunda,
kang anyakrawati Cahya Gilang Gumilang.
Allah Hu, Allah....Allah Hu, Allah, Allah Hu, Allah....
Ashadu sahadat Sunda
KaAgunganNA Pancer Pasti,
Pepes welas kalanggengan umat manusa,
Hurip kawasa, lawang pangrasa, miluhung rasana,
Cumablak Dat Alif Langgeng Ngadeg Satengahing Jagat,
Bumi manik, lemah langit, tatahan bujal buana,
Jungjungan langit pahuwa Ratu Anggawati tatahan jaman,
Kang daim Nu Leuwih Agung Anu Wisesa,
Anu kagungan Sajagat Bumi Alam.
Allah hu, Allah....Allahu, Allah, Allah Hu Allah....Allahu Allah.

SAHADAT SUNDA
==============

Bismilah hirohmannirohim,
Ashadu sahadat sunda,
NgaAgungkeun dat Alloh,
Alif Allah ingkang ngadeg satengahing Jagat, dat lat, dat les
Dat langgeng sifat Alloh,
Ngandika nu gaduh asma All0h,
Tetep iman sareng islam kersaning Alloh,
Ashadu ala ilaha illalloh,
Wa ashadu ana muhamaddarosullulloh.

SYAHADAT SILIHWANGI
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIIM...
LAA ILAHA ILA ANTA LAQUWWATA
SALAMATAN FI DUN-YA HASANATAN
GOFURULLAH HU ALLAH,
FI KULU UMATI RASULULLAH
SILIH KANJENG SILIWANGI GELAR TAPAK
LANGKAH SUNDA ING TUMAMPI KA GUSTI ALLOH
LAA HAULA WALAA QUWWATA ILA BILAHIL ALIYYUL ADZIM.

Sahadat Banten
BISMILLAHIRROHMANIRROHIMI
ASHADU KALIMAT NAPAS SABADAN
ABADANA ASHADU KALIMAT TIPAL-TIPAL INGSUN
YAH TAMPE RAHMAT ILLALLAH
KANG TANPE IMAN
LAILLAHAILLALLAH MUHAMMADARROSULULLAH

Sahadat Adam
Ashadu Sahadat Adam
Sah Adam
Ashadu nur putih alip tunggal
Iman eling ka mulya kang kadim
Laa illaha illaallah muhammadurrasullaallah

Ilmu Tauhid atau Ilmu Marifat Cipaku

Ilmu Tauhid atau Ilmu Cipaku yaitu mendekatkan diri dengan Tuhan atau disebut Marifat. Ilmu Marifat Cipaku dikenal dengan Ilmu Cipaku, mantra nya :

“Sir budi cipta rasa, sir raga papan rasa, dzat marifat wujud
kaula maring Alloh, maring malaikat, maring khodam
karomah suci, maring isun sajeroning urip, lailaha ilalloh
Muhamaddar rosululloh”

Sahadat Sejating Diri
Ashadu dzat gusti dzat abdi, rasa gusti rasa abdi,
jumeneng gusti jumeneng abdi, dzat sejatining manusa,
kawasa sa alam dunya, tunduk takluk sakabeh mahluk,
tunduk tanak kersa ku kawasa Alloh,
hirup langgeng di dunya, hirup langgeng di akherat,
kun sejatining manusa ruh kaula jasad, jasad kaula dunya,
ruh kaula akherat
Laa ilaha ilalloh muhammadur rosululloh.

Jampe Puasa
Bismillaahirrohmaanirrohiim
Niat ingsun neda tapa
Ka nabi ka para wali ka Alloh ka Rosullulloh
Niat ingsun puasa
Ing dina poe kawasa
Turun Kabul
Bul Kabul paneja ingsun.

Itulah Syahadat Sunda wiwitan yang perlu di ketahui, sebagai penambah wawasan dan perbendaharaan keilmuan di bumi nusantara kita ini...Ingat jangan melakukan sebuah amalan tanpa bimbingan guru.

Jika tidak ingin mendapatkan resiko yang fatal seprti depresi, gila bahkan bunuh diri segera hubungi Kami untuk konsultasi pelet dan pengasihan di jamin tokcer, ampuh dan tajrib.

Pesanggrahan Tapak Tilas Ki Tholib
Kang Ipang (Paranormal/Dukun Bogor)
0838-9123-6985
Jam buka Praktek Senin - Sabtu, Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Wassalam

Posting Komentar untuk "Mengenal Syahadat Sunda wiwitan Buhun "